Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Dec 21, 2012 in Sumur Bor | 0 comments

Pembuatan Sumur Bor untuk Memenuhi Kebutuhan Air

Pembuatan Sumur Bor untuk Memenuhi Kebutuhan Air

Pembuatan Sumur Bor untuk Memenuhi Kebutuhan Air

Perencanaan pembuatan sumur bor sebagai pemenuhan kebutuhan air sama pentingnya dengan perencanaan pembuatan gedung itu sendiri. Sayangnya untuk hanya mengandalkan PDAM untuk gedung-gedung besar terutama yang membutuhkan air secara konstan dalam jumlah besar seperti apartemen maupun hotel amatlah riskan. Ini mengingat bahwa PDAM sering tidak dapat mensuplai air secara terus-menerus sementara industri semacam hotel dan apartemen tidak pernah berhenti beroperasi selama 24 jam non stop. Dan jika hotel ataupun apartemen harus menghentikan suplai air barang sebentar saja, pastinya mereka akan mendapatkan teguran dan komplain dari para tamunya. Oleh karena itu, memiliki suplai dari PDAM serta sumur merupakan solusi yang terbaik bagi pengelola maupun pemakai gedung. Ini dapat memastikan bahwa suplai air bersih tidak akan terhenti kapanpun juga. Jika PDAM sedang mengalami masalah, maka anda dengan mudah dapat menggunakan sumur bor anda untuk mensuplai air, begitu pula sebaliknya, jika sumur bor and sedang bermasalah, anda dengan mudah bis mendatkan air dari PDAM. Selain itu, pengelola dan pemilik gedung juga harus memikirkan jumlah air yang kira-kira dibutuhkan sehingga mereka dapat memperkirakan distribusi air serta kedalam sumur yang akan dibutuhkan. Sistem distribusi juga akan mempengaruhi tekanan air di setiap keran ataupun shower yang menjadi tempat memancarnya air. Karena hampir semua hotel menggunakan teknologi shower, maka akan lebih baik jika hotel memiliki tekanan air yang cukup sehingga shower dapat berfungsi dengan baik.

Kelebihan Pembuatan Sumur Bor

Pembuatan sumur bor memang memakan biaya yang lebih besar daripada sumur biasa, karena tidak sembarang penyedia jasa pembuatan sumur dapat melakukan pembuatan sumur bor. Pembuatan sumur bor membutuhkan mesin serta bor-bor berteknologi canggih yang dapat melakukan pengeboran sampai ratusan meter di bawah tanah. Selain itu, dibutuhkan pula orang-orang ahli untuk dapat mengoperasikan mesin-mesin tersebut serta para insinyur yang berpengalaman untuk melakukan perencanaan pembuatan sumur bor. Namun di sisi lain, sumur bor memiliki kelebihan dibandingkan dengan pembuatan sumur biasa. Sumur bor menggunakan air tanah yang akan terus mengalir tanpa harus dipompa. Air tanah sumur bor dapat mengalir dengan sendirinya tanpa harus ditarik oleh pompa air karena tekanan alaminya cukup tinggi untuk mendorong air tanah mencapai permukaan.
Ini sangat berguna bagi penggunaan air tingkat tinggi seperti hotel dan apartemen. Jika hotel harus menggunakan sumur berpompa, maka pastinya akan banyak sekali pompa yang dibutuhkan dan pompa-pompa tersebut mungkin akan harus bekerja terus-menerus tanpa jeda karena para tamupun akan menggunakan air kapan saja mereka mau. Jika ada seribu tamu ditambah seratus karyawan di dalam hotel, maka dapat dibayangkan saja daya kerja pompa tersebut.

Biaya Pembuatan Sumur Bor

Biaya pembuatan sumur bor amatlah beraneka ragam dari satu daerah dengan daerah lainnya. Biasanya biaya dihitung per meter kedalaman. Semakin dalam sumur bornya, maka akan semakin banyak biaya yang dibutuhkan. Selain faktor lokasi juga akan mempengaruhi biaya. Jika anda hendak membangun sebuah hotel ataupun villa yang berada di daerah pantai ataupun pegunungan yang cukup berbatu, maka biayanyapun akan lebih mahal. Untuk medan yang sulit dibutuhkan waktu kerja yang lebih banyak karena tantangannya yang juga tidak kalah besarnya. Namun demikian, harga janganlah dijadikan satu-satunya faktor pembuat keputusan karena penyedia jasa pembuatan dengan pengalaman tinggi serta kemampuan yang tinggi akan mematok biaya yang lebih besar dibandingkan yang kurang berpengalaman.

Incoming search terms:

  • contoh proposal pengeboran air
  • contoh proposal sumur bor
  • penawaran sumur bor

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>